PENINGKATAN VALUE ADDED LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA) MELALUI RANCANG BANGUN MESIN PENGOLAH YANG ERGONOMIS BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENINGKATAN VALUE ADDED LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA) MELALUI RANCANG BANGUN MESIN PENGOLAH YANG ERGONOMIS BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA. PENINGKATAN VALUE ADDED LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA) MELALUI RANCANG BANGUN MESIN PENGOLAH YANG ERGONOMIS BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA.

[img] Text
Proposal hibah bersaing2012.doc

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendiversifikasi labu kuning agar memiliki nilai ekonomis yang tinggi melalui rekayasa teknologi dengan merancang bangun mesin pengolah yang ergonomis dan berbasis teknologi tepat guna. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mesin pengolah labu kuning menjadi produk kerupuk bergizi tinggi selain itu menjadikan kerupuk labu kuning sebagai salah satu produk lokal Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini sangat penting mengingat Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu penghasil labu kuning (“Waloh” dalam bahasa Jawa) dengan jumlah yang besar setiap bulannya tetapi sampai saat ini labu kuning dijual dalam bentuk buah yang harganya sangat murah tanpa ada adanya pemanfataan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu merupakan tindak lanjut dari pendampingan terhadap kegiatan PKMK DIPA 2011 dengan melalui cipta karya mesin pengolah labu kuning menjadi kerupuk tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk mengolah labu kuning agar memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dan uji laboratorium. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah hasil rekayasa tekonologi berbasis teknologi tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat. Hasil penelitian ini juga dapat membuktikan labu kuning dengan melalui diversifikasi akan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi dan dapat menciptakan usaha baru bagi masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:07
Last Modified: 23 Jun 2022 02:07
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item