PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PENJUALAN OBAT YANG BANYAK TERJUAL PADA APOTEK MURBAY SEKAYU

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PENJUALAN OBAT YANG BANYAK TERJUAL PADA APOTEK MURBAY SEKAYU. PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PENJUALAN OBAT YANG BANYAK TERJUAL PADA APOTEK MURBAY SEKAYU.

[img]
Preview
Text
Anika-Nurul-Monica HRIS OK.pdf

Download (719kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Apotek Murbay merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat dalam bidang kesehatan terutama sebagai penyedia obat. Salah satu faktor penting untuk kelangsungan jual beli pada apotek yaitu adanya persediaan obat-obatan. Persediaan obat-obatan pada Apotek Murbay saat ini dilakukan hanya dengan memeriksa persediaan obat yang hampir habis kemudian memperbarui stok persediaan obat tersebut. Hal tersebut kurang efisien jika suatu waktu membutuhkan obat dalam jumlah yang besar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diterapkan suatu metode data mining dengan cara menganalisa pemakaian obat. Adapun pengolahan datanya dapat dilakukan melalui proses clustering data dengan menerapkan metode k�means clustering yang bertujuan mengelompokkan data yang mempunyai karakteristik yang sama ke dalam satu cluster yang sama dan data yang mempunyai karakteristik berbeda dikelompokkan ke dalam cluster lain. Adapun sistem yang dibangun ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang bertujuan untuk mengetahui obat apa saja yang banyak terjual yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan, perencanaan dan pengendalian persediaan obat-obatan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:07
Last Modified: 23 Jun 2022 02:07
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item