PENGGUNAAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUT RATING TECHNIQUE (SMART) PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI JURUSAN STUDI KASUS : SISWA SMK N 5 PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGGUNAAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUT RATING TECHNIQUE (SMART) PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI JURUSAN STUDI KASUS : SISWA SMK N 5 PALEMBANG. PENGGUNAAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUT RATING TECHNIQUE (SMART) PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI JURUSAN STUDI KASUS : SISWA SMK N 5 PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
anika.pdf

Download (647kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique ) adalah metode pengambilan keputusan yang dikembangkan oleh Edward pada tahun 1997, Teknik pembuatan keputusan multi atribut adalah ini digunakan untuk mendukung pembuat keputusan dalam memilih antara beberapa alternative. Setiap pembuatan keputusan harus memilih sebuah alternatif yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Setiap alternatif terdiri dari sekumpulan atribut dan setiap atribut mempunyai nilai-nilai, nilai ini di rata-rata dengan skala tertentu. Dengan menggunakan metode SMART (Simple Multi Atribut rating Technique) ini dapat bekerja pada situasi yang kompleks dan memungkinkan untuk melakukan suatu analisa dengan data yang minimum. Maka dibuatlah suatu sistem aplikasi penunjang keputusan yang dapat mengakomodir semua faktor kriteria yang ada dalam menentukan rekomendasi jurusan yang tepat untuk calon siswa dengan menggunakan metode SMART tadi. Selama ini permasalahan yang muncul dalam pemilihan jurusan untuk siswa di sekolah menengah kejuruan adalah kurangnya pertimbangan dari siswa akan kemampuan, hasil wawancara dan nilai rapor siswa untuk memilih jurusan yang diinginkan. Dengan metode Prototype pengembangan aplikasi diselesaikan, metode prototype tahapan yang digunakan yaitu pengumpulan kebutuhan dan perbaikan, perancangan cepat, membentuk prototype, evaluasi pihak sekolah terhadap prototype, perbaikan prototype dan produk rekayasa.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:07
Last Modified: 23 Jun 2022 02:07
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item