Jurnal Syntax Admiration ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK.

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Jurnal Syntax Admiration ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK. Jurnal Syntax Admiration ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK..

[img]
Preview
Text
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni didapatkannya analisis dari pengaruh kualitas pelayanan sebagai variabel bebas (X) yang terdiri dari reliability (X1), tangibles (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan emphaty (X5) terhadap kepuasan pasien sebagai variabel terikat (Y) di RSIA Karunia Indah Medika yang berlokasi di Kabupaten Muara Enim. Peneliti ingin melihat pengaruh secara simultan ataupun parsial dari kualitas pelayanan berdasarkan lima aspek berdasarkan Teori Service Quality (SERVQUAL) tersebut terhadap kepuasan pasien, serta melihat aspek dengan pengaruh dominan dan pengaruh terkecil. Populasi penelitian yakni pasien pada poliklinik rawat jalan di RSIA Karunia Indah Medika Muara Enim dengan sampel penelitian sebanyak 133 responden dimana pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Dari hasil penelitian didapat bahwa variabel reliability, tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien berdasarkan hasil Uji F yakni Fhitung = 91.534 lalu p = 0,000 atau p<0,05. Reliability, tangibles, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien berdasarkan Uji T, dengan variabel reliability (X1) memiliki pengaruh dominan pada kepuasan pasien dengan koefisien regresi (b) = 0,321 lalu thitung = 2,913 serta nilai sig. = 0,004 (sig<0,05). Tangibles (X2) memilik pengaruh paling kecil dengan koefisien regresi = 0,142 pada kepuasan pasien.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:01
Last Modified: 23 Jun 2022 02:01
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item