TIMELINESS PELAPORAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA: STUDI KOMPARASI DENGAN PELAPORAN KEUANGAN DI SINGAPORE STOCK EXCHANGE

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) TIMELINESS PELAPORAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA: STUDI KOMPARASI DENGAN PELAPORAN KEUANGAN DI SINGAPORE STOCK EXCHANGE. TIMELINESS PELAPORAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA: STUDI KOMPARASI DENGAN PELAPORAN KEUANGAN DI SINGAPORE STOCK EXCHANGE.

[img]
Preview
Text
PROSIDING_SEMNAS MARET [5]_LB813.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ketepatwaktuan antara Indonesia dan Singapura. Penelitian ini menggunakan LQ 45 dan STI 30 sebagai sampel penelitian untuk merepresentasi kedua negara. Mengingat kapitalisasi pasar keduanya, hal ini merupakan langkah yang tepat. Uji z kolmogorov smirnov yang dilakukan menunjukkan bahwa ketepatwaktuan di Indonesia berbeda dengan Singapura. Singapura lebih tepat waktu dalam pelaporan keuangan dibandingkan Indonesia. Hal ini karena 65% perusahaan di Singapura melakukan pelaporan keuangan dalam rentang waktu kurang dari 90 hari, sedangkan 70% perusahaan di indonesia melakukan pelaporan keuangan di rentang waktu lebih dari 90 hari. Selain itu, 6 dari 6 industri yang dapat dibandingkan antara Indonesia dan Singapura melakukan pelaporan yang lebih awal dibandingkan Indonesia. Hal ini wajar mengingat peran Singapura sebagai pasar finansial terbesar ke empat di dunia. Tentunya Singapura akan lebih ketat dalam mengatur regulasi demi menjaga kredibilitasnya. Selain itu, denda yang dikenakan bagi perusahaan yang telat jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:45
Last Modified: 22 Jun 2022 02:45
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item