KONSTRUKSI DAN UJI MODEL GREEN MICROFINANCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO YANG BERKELANJUTAN DI KOTA PALEMBANG

Andrian, Noviardy (2022) KONSTRUKSI DAN UJI MODEL GREEN MICROFINANCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO YANG BERKELANJUTAN DI KOTA PALEMBANG. KONSTRUKSI DAN UJI MODEL GREEN MICROFINANCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO YANG BERKELANJUTAN DI KOTA PALEMBANG.

[img] Text
laporan Akhir Hibah Bersaing Tahun 1 Green Microfinance_Trisninawati.docx

Download (571kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melakukan konstruksi dan uji model green microfinance dalam rangka meningkatkan pemberdayaan usaha mikro yang berkelanjutan di Kota Palembang. Model penelitian yang digunakan untuk melakukan konstruksi model dan pengembangan program microfinance berbasis ‘green’ adalah penelitian terapan yang berbasis penelitian dan pengembangan. Model ini dilakukan karena penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan tentang permasalahan khusus sehingga dapat membuat keputusan tentang tindakan atau kebijakan khusus. Dalam hal ini peneliti akan melakukan konstruksi model mengenai green microfinance kemudian melakukan uji model tersebut untuk meningkatkan usaha mikro yang berkelanjutan. Dari hasil observasi pendahuluan, diketahui bahwa Indonesia belum memiliki lembaga khusus yang menangani microfinance. Adapun program-program microfinance berdiri secara mandiri dibawah organisasi-organisasi tertentu atau berada di bawah lembaga keuangan dan perbankan. Selain itu program microfinance yang ada belum berwawasan lingkungan atau belum mengadopsi green microfinance, baik dari sisi target, persyaratan maupun program yang diajukan. Hal ini disebabkan belum adanya sosialisasi mengenai green microfinance dan manfaatnya baik bagi lembaga maupun kelompok sasarannya. Penelitian ini dilakukan dengan Fokus Gruop Discussion dengan pihak Perbankan yang telah mengeluarkan produk layanan pinjaman kepada UKM. Dari hasil diskusi tersebut dianalisis dan kesimpulan awal dilakukan. Hasil kesimpulan ini kemudian disosialisasikan dengan pihak terkait untuk didiskusikan sehingga akhirnya dapat membuat kesimpulan akhir.Penentuan model Green Microfinance untuk usaha Mikro ditentukan berdasarkan penulisan dan kajian ilmiah yang telah dilakukan sebelumnya. Kemudian indikator-indikator dari hasil diskusi dibuat dan kajian pilot (pilot study) dijalankan untuk menentukan tingkat kepercayaannya maka akan dibuat suatu model Green Microfinance untuk usaha mikro.Model green microfinance yang akan dibangun berdasarkan kajian yang dikemukakan oleh Bansal dan Roth (2000). Dalam hal ini, Bansal dan Roth mengidentifikasi tiga penggerak utama Microfinance berwawasan green, yaitu legitimasi (tekanan stakeholder), competitiveness (manfaat strategi dan ekonomi) dan tanggung jawab sosial. Model ini juga dikonfirmasi dengan kajian-kajian lainnya..

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:04
Last Modified: 22 Jun 2022 01:04
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item