ANALISIS HORIZONTAL LAPORAN POSISI KEUANGAN TERHADAP TRANSISI KEBIJAKAN PENGGUNAAN KWH METER PASCABAYAR KE KWH METER PRABAYAR PT. PLN (PERSERO) AREA PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS HORIZONTAL LAPORAN POSISI KEUANGAN TERHADAP TRANSISI KEBIJAKAN PENGGUNAAN KWH METER PASCABAYAR KE KWH METER PRABAYAR PT. PLN (PERSERO) AREA PALEMBANG. ANALISIS HORIZONTAL LAPORAN POSISI KEUANGAN TERHADAP TRANSISI KEBIJAKAN PENGGUNAAN KWH METER PASCABAYAR KE KWH METER PRABAYAR PT. PLN (PERSERO) AREA PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PROSIDING_SEMNAS MARET [3]_LB813.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laporan keuangan PT. PLN (Persero) Area Palembang sehubungan dengan adanya perubahan kebijakan penggunaan Kwh Meter yang sebelumnya bersistem Pascabayar menjadi sistem Prabayar yang mulai diterapkan pada akhir tahun 2011. Objek penelitian ini adalah Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi. PT. PLN (Persero) Area Palembang periode 2008 – 2015. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Horizontal. Dan pos-pos yang berkaitan dengan perubahan kebijakan tersebut ialah Penjualan Tenaga Listrik, Piutang Usaha, dan Penyusutan Kwh Meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perubahan kebijakan penggunaan Kwh Meter Pascabayar ke Kwh Meter Prabayar yang diterapkan oleh PT. PLN (Persero) Area Palembang ini berdampak positif pada akun Penjualan Tenaga Listrik yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan di setiap tahun, dan berdampak negatif untuk akun Piutang Usaha yang ditunjukkan dengan adanya angka piutang yang melonjak tinggi secara signifikan, namun kebijakan ini berdampak positif terhadap penyusutan Kwh Meter yang terlihat dari angka penyusutan yang mengalami penurunan di tahun terakhir.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 23:28
Last Modified: 21 Jun 2022 23:28
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item View Item