BANDWIDTH MANAGEMENT DENGAN METODE SIMPLE QUEUE PADA STIPER SRIWIGAMA PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) BANDWIDTH MANAGEMENT DENGAN METODE SIMPLE QUEUE PADA STIPER SRIWIGAMA PALEMBANG. BANDWIDTH MANAGEMENT DENGAN METODE SIMPLE QUEUE PADA STIPER SRIWIGAMA PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Prosiding Sesindo 5 November 2018 (Bandwidth Management dengan Metode Simple Queue pada STIPER Sriwigama Palembang).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

STIPER Sriwigama Palembang yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Kota Palembang yang lebih khusus pada bidang Ilmu Pertanian, dimana STIPER Sriwigama Palembang mulai merasakan kebutuhan terhadap internet seiring kemajuan teknologi. Hal ini dirasakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan maupun dosen dan staf dalam mengelola keseluruhan tugas dan fungsinya pada STIPER Sriwigama Palembang. Pada saat ini, internet pada STIPER Sriwigama Palembang yang digunakan memiliki permasalahan dalam pembagian bandwidth yang tidak merata terhadap Access Point yang terhubung kepada user, sehingga sebagian besar user merasakan kecepatan internet lambat. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dilakukan bandwidth management agar pembagian bandwidth dapat merata dengan kecepatan internet yang sama untuk setiap Access Point yang terhubung kepada user. Penelitian ini membutuhkan perangkat Mikrotik routerboard serta software Winbox yang berfungsi untuk melakukan konfigurasi bandwidth management dengan metode simple queue. Pada penelitian ini, digunakan prototype dengan bandwidth 2,5 Mbps dan dilakukan pembagian bandwidth untuk 5 Access Point yang terdapat pada LAN STIPER Sriwigama Palembang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:42
Last Modified: 21 Jun 2022 06:42
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item