PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN 3 (TIGA) BAHASA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN 3 (TIGA) BAHASA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN 3 (TIGA) BAHASA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID.

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas 2017_Nurul Huda.pdf

Download (801kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Teknologi Augmented Reality merupakan terobosan baru dalam media pembelajaran dimana proses pembelajaran dalam dunia pendidikan selama ini masih banyak bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan tingkat kejenuhan dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Apalagi pada mata pelajaran matematika. Karena pelajaran tersebut sering dianggap susah oleh siswa dan sulit untuk dimengerti. Sama halnya juga yang terjadi proses belajar mengajar pada Sekolah Dasar IT Mutiara Sunnah Palembang yang masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional. Untuk itulah diperlukan suatu pengembangan media program pembelajaran matematika dalam pendidikan dasar kelas I SD pada SD IT Mutiara Sunnah Palembang yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) tersebut yang akan dikembangkan dalam teknologi telepon genggam berbasis android dengan menggunakan 3 (tiga) bahasa yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Metode yang dipakai dalam pengembangan sistem ini yaitu metode waterfall. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran ini dapat terlihat lebih nyata dan bisa membuat siswa tersebut menjadi lebih tertarik untuk mempelajari mata pelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:41
Last Modified: 21 Jun 2022 06:41
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item