PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. SNP (COLUMBIA) PALEMBANG DENGAN METODE CLUSTERING

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. SNP (COLUMBIA) PALEMBANG DENGAN METODE CLUSTERING. PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. SNP (COLUMBIA) PALEMBANG DENGAN METODE CLUSTERING.

[img] Text
Heriyansyah_Journal.doc

Download (2MB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

PT. Sun Nusantara Prima (Columbia) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan kredit barang rumah tangga. Perusahaan ini mempunyai banyak sekali data konsumen dan data produk terjual meliputi beberapa macam produk, antara lain: elektronik, furniture, sepeda motor, hand phone, komputer. dan mempunyai 3 showroom utama, yaitu: Showroom Atmo, Pasar Plaju dan Pasar Lemabang. Data mining adalah kombinasi secara logis antara pengetahuan data, dan analisa statistik yang dikembangkan dalam pengetahuan bisnis atau suatu proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, tiruan dan machine-learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat bagi pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. Untuk menemukan pola penjualan, serta minat konsumen baik berdasarkan waktu dalam rentang satu tahun akan barang apa saja yang dibutuhkan dan banyak dicari oleh konsumen. Pengolahan data besar ini menggunakan Microsoft SQL Server 2008 R2 dengan SQL Server Business Intelligence Development Studio.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:17
Last Modified: 21 Jun 2022 05:17
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item