ADOPSI METODE ACTION RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA INTERNET NETWORK DI PROV. SUMSEL

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ADOPSI METODE ACTION RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA INTERNET NETWORK DI PROV. SUMSEL. ADOPSI METODE ACTION RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA INTERNET NETWORK DI PROV. SUMSEL.

[img]
Preview
Text
Herdiansyah Syamsuar (2021) ADOPSI METODE ACTION RESEARCH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA INTERNET NETWORK DI PROV. SUMSEL.pdf

Download (532kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan mengunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk dan sebagainya. Tujuan pengukuran yang dilakuan untuk mendapatkan hasil pengukuran pada teknologi jaringan Virtual Private Network (VPN) dengan parameter Throughput (KBps), Delay (ms) dan Packet loss (%), Agar dapat menganalisis hasil kinerja QoS (Quality Of Service) jaringan Virtual Private Network (VPN) server yang memenuhi standar kualitas layanan yang baik dan efisiensi. Metode yang digunakan adalah Action Research merupakan penelitian tindakan bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien. Dengan penelitian tindakan. Action research dibagi dalam beberapa tahapan yang merupakan siklus, yaitu : Melakukan diagnose (diagnosing), Membuat rencana tindakan (action planning), Melakukan tindakan (action taking), Melakukan evaluasi (evaluating), dan Pembelajaran (learning) dan Hasil pengukuran parameter delay dan packet loss sangat mempengaruhi nilai throughput dimana semakin besar nilai delay dan packet loss maka nilai throughput yang dihasilkan semakin kecil. Nilai delay dan packet loss semakin kecil semakin bagus sedangkan semakin besar semakin jelek sedangkan parameter throughput sebaliknya dimana semakin besar semakin bagus, Hal yang sangat mempengaruhi nilai pengukuran delay, packet loss dan throughput pada jaringan VPN selain redaman dan noise adalah besarnya bandwidth yang diberikan sehingga sangat mempengaruhi pengukuran nilai QoS adapun saran yang ingin disampaikan pada penelitian ini adalah dengan menambah bandwidth pada jaringan VPN sehingga memiliki nilai delay dan packet loss yang sangat kecil serta throughput yang besar sehingga dapat diperoleh nilai QoS yang lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:17
Last Modified: 21 Jun 2022 05:17
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item