PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENYEDIAAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KERETA API INDONESIA (KAI) PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENYEDIAAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KERETA API INDONESIA (KAI) PALEMBANG. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENYEDIAAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. KERETA API INDONESIA (KAI) PALEMBANG.

[img] Text
Hasil Penelitian-1.docx

Download (82kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih adanya keluhan pelanggan tiap tahunnya mengakibatkan dampak pada kepuasan pelanggan pada PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Palembang yang berada di Stasiun Kertapati dan dioperasikan oleh Devisi Regional III Palembang terletak di Provinsi Sumatra Selatan, Kecamatan Kertapati, Kelurahan Kemas Rindo, Alamat Jalan Ki Morgan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dua variabel yaitu kualitas pelayanan (X1) dan Penyediaan Fasilitas (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa kuesioner terhadap 84 responden, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reabilitas, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi sederhana, dan uji goodness of fit (uji F, uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan penyediaan fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kereta Api Indoensia (KAI) Palembang dengan kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, disusul dengan fasilitas. Kedua variabel ini berpengaruh sebesar 19,5%, terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 80,5% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:13
Last Modified: 21 Jun 2022 05:13
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item