PENERAPAN MODEL PEROLEHAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII.

Harsumi, Harsumi and Hastari, Mayrita (2022) PENERAPAN MODEL PEROLEHAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII. PENERAPAN MODEL PEROLEHAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII.

[img]
Preview
Text
HARSUMI O.K_Juni_ 2013_Margareta.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif, digunakan untuk mengetahui adanya perubahan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah dilakukan pretes dan postes. Populasi yaitu, siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Palembang berjumlah 93 siswa, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 berjumlah 62 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak enam kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas kontrol belum mencapai standar KKM 68%, karena mencapai ketuntasan 66,68%. Untuk siswa kelas eksperimen telah mencapai standar nilai KKM dengan ketuntasan 72,72%. Berdasarkan analisis uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 4,194 > 2,00 maka, Ho ditolak Ha diterima (db=60) pada taraf kesalahan 5%. Dengan demikian maka, model perolehan konsep lebih efektif dibandingkan model ceramah dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Palembang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:12
Last Modified: 21 Jun 2022 05:12
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item