KULINER SEBAGAI SIMBOL BUDAYA (STUDI ETNOGRAFI KRITIS TENTANG KONSTRUKSI DIRI DAN PERILAKU KOMUNIKASI DALAM BUDAYA FAST FOOD DI PALEMBANG)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) KULINER SEBAGAI SIMBOL BUDAYA (STUDI ETNOGRAFI KRITIS TENTANG KONSTRUKSI DIRI DAN PERILAKU KOMUNIKASI DALAM BUDAYA FAST FOOD DI PALEMBANG). KULINER SEBAGAI SIMBOL BUDAYA (STUDI ETNOGRAFI KRITIS TENTANG KONSTRUKSI DIRI DAN PERILAKU KOMUNIKASI DALAM BUDAYA FAST FOOD DI PALEMBANG).

[img]
Preview
Text
PROPOSAL HIBAH PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kuliner memiliki banyak peranan dalam kehidupan sehari- hari suatu komunitas manusia. Makna ini selaras dengan nilai hidup, nilai karya, nilai ruang atau waktu, nilai relasi dengan alam sekitar; dan nilai relasi dengan sesama. Melalui fenomena itu, dan dalam perkembangannnya, kategori kuliner atau makanan akan berhadapan dan berkaitan dengan kategori-kategori budaya lainnya seperti, kategori kehidupan sosial, agama, kehidupan perekonomian, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Konstruksi diri dan perilaku komunikasi dalam menghadapi budaya fast food di Palembang. Realitas ini menjadi basis bagi pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai adalah; 1). Menggali motif, konsep diri dan identitas sosial budaya kuliner lokal dan fast food, 2). Mengungkap kontruksi makna tenaga kesehatan yang bertugas di Baduy, 3. Menggali perilaku komunikasi dan merumuskan pola komunikasi budaya fast food dan kuliner lokal.Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi etnigrafi kritis. Data penelitian didapatkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, obeservasi partisipatif dan studi dokumen. Sementara, informan penelitian adalah masyarakat palembang, kepala dinas pariwisata, dan kepala kantor dinas perindustrian dan UMKM yang memahami budaya kuliner dan fast food pada masyarakat Palembang serta Menyatakan kesediaanya untuk menjadi informan penelitian

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:11
Last Modified: 21 Jun 2022 05:11
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item