(Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Menerapkan Weighted Product Method (WPM).

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Menerapkan Weighted Product Method (WPM). (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Menerapkan Weighted Product Method (WPM)..

[img]
Preview
Text
34971-75676617641-2-PB - JEPIN Deseember 2019.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Efektifitas program bantuan sosial ditentukan oleh kesesuaian sasaran berdasarkan aturan atau kriteria yang telah disepakati. Permasalahan pada penyaluran bantuan sosial adalah distribusi bantuan kepada masyarakat miskin yang belum merata, dan sasaran program yang belum efektif. Untuk mengatasi permasalahan ini dibangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menerapkan Weighted Product Method (WPM) untuk mengatasi kesalahan dan kecurangan yang dilakukan oleh pihak tertentu serta menghasilkan keputusan yang lebih objektif. Ada 5 kriteria yang digunakan yaitu penghasilan per bulan (C1), luas bangunan per orang (C2), jenis lantai rumah (C3), anak usia 7-15 tahun tidak sekolah (C4) dan pendidikan terakhir kepala keluarga (C5). Hasil pengujian berdasarkan uji stabilitas dimensi tungal menunjukkan bahwa WPM merupakan metode yang cukup stabil. Diperoleh 21,6% posisi peringkat peserta PKH sangat stabil yang artinya posisi peserta PKH ini tidak berubah pada 6 uji variasi bobot kriteria, diperoleh 67,5% posisi posisi peringkat peserta PKH cukup stabil. Peserta PKH nomor 90 merupakan peserta yang konsisten selalu berada pada posisi pertama yang berarti peserta ini “paling miskin” diantara peserta yang lainnya, peserta ini memiliki nilai kriteria C1 dan C2 yang rendah dan memiliki nilai kriteria C3, C4 dan C5 yang tinggi. Peserta PKH nomor 219 juga konsisten berada diposisi terakhir yang berarti peserta ini “paling kaya” diantara peserta yang lain, peserta ini memiliki nilai kriteria C1 dan C2 yang tinggi dan memiliki nilai kriteria C3, C4 dan C5 yang rendah. Pada WPM, solusi yang dihasilkan adalah solusi ideal yang meminimumkan kriteria biaya dan memaksimumkan kriteria keuntungan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:36
Last Modified: 20 Jun 2022 07:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13631

Actions (login required)

View Item View Item