JURNAL INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) JURNAL INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen. JURNAL INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen.

[img]
Preview
Text
33296-113115-1-PB.pdf

Download (957kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Artikel ini menguraikan hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada awal masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah survey dengan angket yang dibagikan secara online kepada mahasiswa aktif semseter genap 2019/2020. Diperoleh responden sebanyak 91 orang. Responden mahasiswa laki-laki ada 38% dan perempuan sebanyak 62%. Sebanyak 46% adalah mahasiswa tingkat pertama dan sisanya ada 54% adalah mahasiswa tingkat kedua dan ketiga. Hampir 90% responden mengikuti lebih dari lima mata kuliah pembelajaran daring melalui aplikasi Google Classroom, Google Meet, Zoom, Edmodo, e-learning kampus, atau Whatsapp Group. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajarn daring menunjukkan bahwa mahasiswa masih merasa terhambat dalam mengikuti pembelajaran daring, hanya 15% responden yang menyatakan kesetujuannya terhadap pembelajaran daring, berpendapat bahwa beban tugas lebih banyak, masih kesulitan menerima materi, masih sangat berkepentingan untuk bertemu dan mendapatkan penjelasan dari dosen. Upaya perbaikan efektivitas pembelajaran daring perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh dosen dan mahasiswa. Khusus untuk mahasiswa, persiapan perangkat dan aplikasi pembelajaran daring, dan meningkatkan persiapan mental yaitu beradaptasi, mandiri, tangguh, dan bertanggung jawab adalah upaya untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:36
Last Modified: 20 Jun 2022 07:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13627

Actions (login required)

View Item View Item