PENGEMBANGAN SENAM BINA DARMA UNTUK AKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGEMBANGAN SENAM BINA DARMA UNTUK AKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. PENGEMBANGAN SENAM BINA DARMA UNTUK AKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS.

[img]
Preview
Text
full-proseding-2016.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Senam bina darma merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif, berirama cepat serta bernuansa gembira yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik khususnya siswa SMA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam senam irama melalui senam bina darma Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. hasil pengisian angket respon terhadap guru dianalisis dengan dipersentasekan dan diperoleh bahwa 81% guru Penjasorkes memberikan respon positif dan 19% memberikan respon negatif, dan keefektifan produk senam bina darma mendapat respon positif siswa dalam pembelajaran aktivitas ritmik. Penjasorkes sebesar 81,33% sedang respon negatif sebesar 18,66%. Kesimpulan keefektifan produk senam bina darma dalam katagori sangat baik.Senam tersebut layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dan telah sesuai dengan standar kurikulum sekolah dengan melalui proses dari validasi ahli dan responden siswa. Hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa senam bina darma layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:16
Last Modified: 20 Jun 2022 07:16
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13488

Actions (login required)

View Item View Item