PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK AJAR PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINIER DENGAN METODE NEWTON RHAPSON

Marlindawati, Marlindawati (2022) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK AJAR PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINIER DENGAN METODE NEWTON RHAPSON. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK AJAR PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINIER DENGAN METODE NEWTON RHAPSON.

[img] Text
fullpaper-semnasif2012-marlindawati.doc

Download (499kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat lunak ajar penyelesaian persamaan non linier dengan metode Newton Raphson. Dengan adanya perangkat ajar ini penulis diharapkan dapat mengungkapkan kualitas pembelajaran yang dilihat dari pembelajaran, isi, pemrograman serta tampilan, ketuntasan belajar mahasiswa dan daya tarik setelah menggunakan perangkat lunak ajar tersebut. Terdapat 3 orang ahli dibidang materi dan media sebagai validator. Subjek penelitian untuk uji coba validasi kelompok kecil adalah 3 orang mahasiswa dan validasi kelompok besar 47 orang mahasiswa. Pedoman observasi, angket, soal pre-test dan post-test adalah instrument dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini pertama: pengembangan perangkat lunak ajar melalui enam langkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi dan mengujicoba, kedua: kualitas perangkat lunak ajar dari aspek materi dinilai menarik (skor=3,98), ketiga: kualitas perangkat lunak dari aspek media dinilai menarik (skor=3,95). Untuk kelompok besar, 41 mahasiswa (87,23%) menunjukkan ketuntasan belajar yang baik dengan nilai rata-rata hasil post test diatas 70 dan hanya 6 orang mahasiswa saja yang mendapatkan nilai dibawah 70 (12,77%). Akhirnya dapat penulis simpulkan bahwa penggunaan perangkat lunak ajar ini memberikan dampak yang positif dan baik terhadap ketuntasan belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:16
Last Modified: 20 Jun 2022 07:16
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13470

Actions (login required)

View Item View Item