Dwi Hurriyati, DH (2022) PEMBERIAN TOKEN EKONOMI TERHADAP REGULASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG. PEMBERIAN TOKEN EKONOMI TERHADAP REGULASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG.
Text
Fullpaper_Dwi Hurriyati_Universitas Bina Darma.doc Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh dari pemberian token ekonomi terhadap regulasi diri siswa kelas VIII SMP N 6 Kayuagung. Regulasi diri adalah upaya untuk mengatur diri dalam suatu aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan metakognitif, motivasi dan perilaku aktif. Token Ekonomi merupakan salah satu bentuk dari penguat (reinforcement) yang menggunakan token (kupon) yang diberikan subjek, token itu akan ditukar dengan benda atau aktivitas yang disukai atau sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dengan siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pre ekperimental yang menggunakan one group design. Pengukuran dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest kepada subjek penelitian sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Pengukuran ini dilakukan dengan memberikan skala regulasi diri kepada subjek dan membandingkan hasilnya. Populasi penelitian berjumlah 134 siswa kemudian dilakukan menyaringan sesuai kriteria yang telah ditentukan sehingga sampel penelitian diperolehlah 10 orang siswa sebagai subjek penelitian. Pengujian hasil yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis uji statitik wilcoxon match pairs diperoleh jumlah jenjang yang kecil T hitung= 0 lebih kecil dari T table = 3, dengan nilai signifikansi 0,01. Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh regulasi diri siswa sebelum diberi token ekonomi, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang sangat signifikan dari token ekonomi terhadap regulasi diri siswa kelas VII SMP N 6 Kayuagung.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:15 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:15 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13437 |
Actions (login required)
View Item |