JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Pembaharuan Sistem Penentuan Untuk Klasifikasi Jenis Penyakit pada RSUD Sekayu Menggunakan Pendekatan Extreme Programming

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Pembaharuan Sistem Penentuan Untuk Klasifikasi Jenis Penyakit pada RSUD Sekayu Menggunakan Pendekatan Extreme Programming. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Pembaharuan Sistem Penentuan Untuk Klasifikasi Jenis Penyakit pada RSUD Sekayu Menggunakan Pendekatan Extreme Programming.

[img]
Preview
Text
2273-6089-2-PB.pdf

Download (644kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem atau perangkat lunak yang dapat mengklasifikasi sebuah jenis penyakit yang diderita oleh pasien, dengan melakukan teknik anamnese, teknik ini dilakukan pada tahapan awal pasien sebelum dilakukan pelayanan kedokter, pemeriksaan dilakukan dengan menanyai pasien tentang kondisi serta keluhan yang dirasakan oleh pasien tersebut untuk mengetahui kondisi kesehatan si pasien. Tahap anamnese dilakukan oleh nurse station sebelum pasien diarahkan kedokter mana sesuai dengan hasil anamnese tersebut. Dalam pelaksanaannya tahapan ini merupakan hal penting bagi station nurse untuk mengarahkan pasien sesuai dengan kondisi kesehatan pasien tersebut dengan dokter yang akan menangani pasien. Namun beberapa penyakit memiliki kesamaan atau kemiripan gejala tetapi dengan jenis penyakit yang berbeda, Pada RSUD Sekayu pada nurse station belum memiliki sistem khusus untuk mengklasifikasi jenis penyakit pasien hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dibuat. Manfaat yang didapat adalah sistem dapat mengklasifikasi jenis penyakit pasien sesuai kondisi pasien, membantu nurse station mengarahkan pasien kedokter sesuai klasifikasi penyakit yang diderita, sebagai media penyimpanan rekam medis pasien. Penelitian ini dibuat mengadopsi algoritma K-Nearest Neighbor dan pendekatan Extreme programming sebagai metode pengembangan sistemnya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:11
Last Modified: 20 Jun 2022 07:11
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item View Item