ANALISIS VISUALISASI DATA KOPERASI DI DINAS KOPERASI UKM (USAHA KECIL MENENGAH) PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI MENGGUNAKAN APLIKASI TABLEAU

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS VISUALISASI DATA KOPERASI DI DINAS KOPERASI UKM (USAHA KECIL MENENGAH) PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI MENGGUNAKAN APLIKASI TABLEAU. ANALISIS VISUALISASI DATA KOPERASI DI DINAS KOPERASI UKM (USAHA KECIL MENENGAH) PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI MENGGUNAKAN APLIKASI TABLEAU.

[img]
Preview
Text
2126-Article Text-4622-1-10-20211103 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tableau merupakan sebuah Software Business Intelligence yang cukup mudah untuk digunakan dalam menvisualisasi data, menganalisa data, dan membuat laporan dalam bentuk Pie Chart, Scatter Plot, Grafik Map, dan Dashboard [1]. Koperasi merupakan suatu badan usaha yang dapat dikelola oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhan bersama [5]. Permasalahan lembaga koperai biasa nya terjadi pada pengurus atau keanggotaan dan kurang nya partisipasi dalam berbagai kegiatan yang ada. Dengan menganalisis data yang secara visualisasi dalam mengoptimalkan kinerja koperasi. Maka pada penelitian ini memerlukan data kelembagaan koperasi yang berhubungan dengan data jumlah lembaga koperasi yang dinilai, nama lembaga koperasi, jenis koperasi, alamat koperasi, rekapitulasi kesehatan unit koperasi sehingga menjadi sebuah grafik, dan dashboard data lembaga koperasi. Unit koperasi dapat dikatan sehat jika memiliki laporan keuangan yang baik dan selalu melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) [5]. Permasalahan yang terjadi adalah belum adanya pengolahan data koperasi menggunakan aplikasi yang dapat menvisualisasi data atau merubah data dalam bentuk gambar sehingga menghasilkan suatu grafik dan dashboard yang lebih mudah dimengerti. dari data yang diperoleh maka akan divisualisasikan menggunakan apliasi Tableau. Dengan melakukan visualisasi data menggunakan Bina Darma Conference on Computer Science e-ISSN: 2685-2683p-ISSN: 2685-2675 Diah Pitaloka2 , Suzi Oktavia Kunang2 289 aplikasi Tableau ini diharapkan dapat membantu instansi terkait dengan menghasilkan laporan dalam bentuk grafik, dashboard dan peta yang lebih efisien.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:11
Last Modified: 20 Jun 2022 07:11
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item