UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) TEKNIK EVALUASI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA. TEKNIK EVALUASI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA.
Text
teknik evaluasi (UMP November 2011, Kerja sama Balai Bahasa, bidar, pgri, dan muhammadiyah).docx Download (37kB) |
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi terhadap buku teks bahasa Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori evaluasi buku teks bahasa oleh Cunningsworth dan dipadukan dengan teori penilaian buku teks oleh Badan Stándar Nasional Penilaian (BSNP) dan teori Hedge. Kriteria penilaian yang dilakukan dalam mengevaluasi buku teks bahasa adalah buku teks bahasa sesuai dengan kebutuhan siswa yang sesuai dengan tujuan dan sasaran dari program pengajaran bahasa, dapat mencerminkan penggunaan bahasa secara efektif yang sesuai dengan tujuannya, dapat mempertimbangkan kebutuhan siswa sebagai pembelajar dan memfasilitasinya tanpa adanya paksaan, dan dapat berperan sebagai pendukung pengajaran. Teknik yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi terhadap buku teks bahasa Indonesia bisa melalui dokumentasi, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, angket, dan wawancara dianalisis, dideskripsikan, dan disimpulkan. Data hasil angket dapat dilakukan dengan perhitungan skala Likert
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:07 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:07 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13241 |
Actions (login required)
View Item |