PERAN RENCANA BISNIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS UMKM DIBAWAH BINAAN ( BINA DARMA ENTREPREURSHIP CENTER) BDEC

Trisninawati, - and irwansyah, irwansyah (2022) PERAN RENCANA BISNIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS UMKM DIBAWAH BINAAN ( BINA DARMA ENTREPREURSHIP CENTER) BDEC. PERAN RENCANA BISNIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS UMKM DIBAWAH BINAAN ( BINA DARMA ENTREPREURSHIP CENTER) BDEC.

[img]
Preview
Text
full paper unsoed SCA4 0k 1.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh anggapan segelintir orang wirausaha bahwa membuat dan menyusun rencana bisnis itu bukan hal yang sangat penting, karena berdasarkan pengalaman mereka bahwa sebuah bisnis tidak perlu direncanakan secara matang, karena dalam perjalanannya nanti sebuah program yang sudah dirancang bisa saja akan berubah sesuai dengan kebutuhan, sehingga pembuatan rencana bisnis oleh sebagian wirausaha sering dibuat asal-asalan. Dalam penelitian ini akan dibahas juga bagaimana peran rencana bisnis dalam meningkatkan keberhasilan usaha. Hasil dari Penyebaran lembar kuisioner dilakukan dengan responden UMKM yang ada di bawah binaan BDEC. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa peran rencana bisnis terhadap keberhasilan usaha tidak berpengaruh secara signifikan yaitu dengan nilai koefisien korelasi r= 0,197, artinya bahwa terdapat korelasi bersifat sangat rendah antara rencana bisnis dengan keberhasilan usaha. Sedangkan koefisien diterminasi r2= 0,039, artinya kontribusi rencana bisnis terhadap keberhasilan usaha sebesar 4% saja artinya masih sangat rendah. Hal ini disebabkan sebagian besar pelaku usaha lebih mengedepankan tentang laba, resiko yang mungkin didapat. Alasan lain bahwa perencanaan bisnis yang dibuat menurut sebagian besar pemilik usaha hanya digunakan semata-mata untuk mendapatkan dana, baik dana pinjaman ataupun dana investasi. Adanya peran rencana bisnis yang dibuat secara rinci akan meminimalisir resiko yang mungkin datang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:05
Last Modified: 20 Jun 2022 07:05
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item