MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DI UMKM (SEBUAH KAJIAN TEORITIS).

Gagan Ganjar Resmi, - and MUKRAN, MUKRAN (2022) MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DI UMKM (SEBUAH KAJIAN TEORITIS). MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KONSEP KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DI UMKM (SEBUAH KAJIAN TEORITIS).

[img] Text
Full Paper Semnas UNNES Semarang Gagan Ganjar Resmi dan Mukran.docx

Download (55kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Banyak pengusaha UKM yang belum memaksimalkan promosi produknya baik melalui media elektronik maupun media non elektronik. Sehingga, mereka kalah bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Banyak kendala yang dialami UKM, seperti kesulitan memasarkan produk, kesulitan mengakses pasar, dan keterbatasan dana. Semua kendala tersebut dapat diminimalisir dengan memanfaatkan komunikasi pemasaran terpadu. Komunikasi pemasaran terpadu dapat dilakukan dengan media pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM dan anggaran yang tersedia. Salah satu media pemasaran yang sering dipakai adalah komunikasi dari mulut ke mulut. Di beberapa kota di Indonesia ada beberapa UKM yang survive karena memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pemasaran terpadu dapat diterapkan di UKM dengan segala keterbatasannya. Kemudian dijelaskan pula kendala-kendala yang dihadapi UKM dalam menjakau konsumennya. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan dan kajian teoritis. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah agar UKM yang memiliki keterbatasan dana atau anggaran, SDM terbatas, pemasaran sempit, akses pasar terbatas tetap bertahan dan mampu meningkatkan penjualan dengan menerapkan konsep pemasaran terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM. Konsep pemasaran terpadu ini diharapkan akan menjadi media UKM dalam meningkatkan penjualannya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:04
Last Modified: 20 Jun 2022 07:04
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item