UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS TINGKAT KESIAPAN PENERAPAN E-LEARNING MENGGUNAKAN E-LEARNING READINESS PADA UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG. ANALISIS TINGKAT KESIAPAN PENERAPAN E-LEARNING MENGGUNAKAN E-LEARNING READINESS PADA UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG.
|
Text
1929-Article Text-4259-1-10-20210714.pdf Download (574kB) | Preview |
Abstract
E-Learning Readiness adalah pengukuran tingkat kesiapan terhadap sistem E-Learning. Tujuan penelitian ini adalah sebagai evaluasi dari pengimplementasian E-Learning berdasarkan tingkat kesiapan pada Universitas Bina Darma. Metode Penelitian ini menggunakan kuesioner berdasarkan model E-Learning readiness (ELR) Aydin & Tasci dengan skala penilaiannya menggunakan skala likert yang terdiri dari 24 pertanyaan yang dikelompokkan dalam empat faktor. Faktor-faktor tersebut yaitu Teknologi, Inovasi, Manusia, Dan Pengembangan Diri. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinilai secara keseluruhan untuk tiap faktor skor yaitu sebesar 4,23 pada faktor manusia yang artinya telah siap penerapan E-Learning dapat dilanjutkan, faktorteknologi sebesar 4,19, faktor pengembangan diri 4,14 dan faktor inovasi sebesar 3,88. Nilai skor ELR terendah terdapat pada faktor Inovasi sebesar 3,88. Ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi atau pembelajaran mengenai pengadaptasian perubahan (inovasi) mengenai perkuliahan dan adanya keterbukaan terhadap pembaharuan tersebut atau penerapan sistem perkuliahan menggunakan E�Learning pada Universitas Bina Darma Palembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:01 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:01 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/13104 |
Actions (login required)
View Item |