MODIFIKASI LIMIT SWITCH PADA INDUCED DRAFT FAN UNTUK MENDUKUNG KINERJA SISTEM DI PT. PLN (Persero) UNIT PELAKSANA PEMBANGKITAN TARAHAN

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) MODIFIKASI LIMIT SWITCH PADA INDUCED DRAFT FAN UNTUK MENDUKUNG KINERJA SISTEM DI PT. PLN (Persero) UNIT PELAKSANA PEMBANGKITAN TARAHAN. MODIFIKASI LIMIT SWITCH PADA INDUCED DRAFT FAN UNTUK MENDUKUNG KINERJA SISTEM DI PT. PLN (Persero) UNIT PELAKSANA PEMBANGKITAN TARAHAN.

[img] Text
1357-Article Text-3189-1-4-20210622 (1).docx

Download (663kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Modifikasi limit switch pada induced draft fan merupakan suatu inovasi yang dibuat untuk mengurangi terjadinya gangguan akibat limit switch fan dengan potensi meningkatkan keandalan system di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Tarahan. Limit Switch merupakan material utama dari fan, dan fan ini menjadi equipment penting bagi PLTU Unit Pelaksana Pembangkitan Tarahan baik saat firing atau start up maupun saat operasi. Desain limit switch sebelum dimodifikasi memungkinkan terjadinya gangguan mekanis sehingga menghambat proses dan respon terhadap fan. Hal ini menyebabkan sinyal feedback error dari limit switch sehingga sequence pada Induced Draft Fan tidak berjalan dan permit pengoperasian pada Induced Draft Fan tidak dapat terpenuhi yang berpotensi mengganggu operasi ID Fan yang berdampak trip unit PLTU atau tidak bisa beropersinya unit PLTU.Jika masalah limit switch ini tidak segera diatasi maka dampak jangka pendeknya adalah respon fan menjadi tidak andal dan dampak jangka panjangnya adalah mengganggu kinerja unit baik saat operasi maupun saat firing. Dengan implementasi modifikasi limit switch ini, kegagalan akibat ketidakandalan limit switch fan berkurang sehingga potensi trip unit dapat dihilangkan dan keandalan unit tetap optimal. Kata kunci : Limit Switch, Fan, feedback, keandalan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:57
Last Modified: 20 Jun 2022 06:57
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item