IMPLEMENTASI METODE COSINE SIMILARITY UNTUK REKOMENDASI PRODUK PADA APLIKASI PENJUALAN BERBASIS MOBILE

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) IMPLEMENTASI METODE COSINE SIMILARITY UNTUK REKOMENDASI PRODUK PADA APLIKASI PENJUALAN BERBASIS MOBILE. IMPLEMENTASI METODE COSINE SIMILARITY UNTUK REKOMENDASI PRODUK PADA APLIKASI PENJUALAN BERBASIS MOBILE.

[img]
Preview
Text
1227-Article Text-2184-1-10-20200814 - Bagus.pdf

Download (682kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Pada sistem penjualan online, seringkali produk yang dicari oleh pembeli tidak terdapat pada sistem, namun ada produk yang memiliki kemiripan dengan produk yang dicari. Sistem rekomendasi ini memberikan informasi kemiripan produk dengan produk lain, contohnya shampo, obatan, dan produk perawatan lainnya, kemiripan tersebut dapat dijadikan pembanding sehingga membuka kemungkinan seseorang menyukai produk yang ditawarkan. Langkah penelitian ini mengikuti langkah pada metode pengembangan aplikasi RUP yakni inception, elaboration, construction dan transition. Hasil penelitian ini berupa aplikasi rekomendasi produk dengan menerapkan metode Cosine Similarity berbasis mobile. Pada tahap uji coba, dilakukan ujicoba efektifitas aplikasi dengan melakukan 5 kali uji coba dengan melihat kemiripan komposisi produk. Hasil uji coba menunjukkan bahwa hasil perhitungan persentase kemiripan produk secara manual sama dengan hasil perhitungan persentase kemiripan produk pada aplikasi rekomendasi. Metode Cosine Similarity dapat diterapkan pada aplikasi rekomendasi produk berbasis mobile untuk mencari angka persentase kemiripan produk dengan hasil kemiripan yang tinggi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:48
Last Modified: 19 Jun 2022 12:48
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item