EVALUASI USABILITY SISTEM E-LEARNING SEBAGAI APLIKASI PENDUKUG PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE

Vivi Sahfitri, Vivi Sahfitri (2022) EVALUASI USABILITY SISTEM E-LEARNING SEBAGAI APLIKASI PENDUKUG PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE. EVALUASI USABILITY SISTEM E-LEARNING SEBAGAI APLIKASI PENDUKUG PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE.

[img]
Preview
Text
Jurnal use questionaire april 2015.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Implementasi e- learning dalam sistem pembelajaran dapat membantu proses belajar mengajar yang terjadi di Perguruan tinggi. Pengukuran dengan menggunakan Usability menekankan pada aspek efektifitas, efisiensi dan kepuasan user. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan e-learning sebagai pendukung dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi. Intrumen yang digunakan dalam pengukuran ini adalah dengan menggunakan USE Questionnaire yang memuat variabel usefulness (U), Satsifaction(S) serta Ease of use dan Ease of Learning (E). Masing masing variabel ini akan diuraikan menjadi suatu paket pernyataan dalam kuisioner yang menggunakan skala likert. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik dengan alat bantu aplikasi SPPS dan aplikasi pengolahan angka (excel). Hasil Penelitian memberikan bukti empiris tentang pengaruh antara variabel Usefulness, Ease of use dan ease of learning terhadap variabel satisfaction baik secara parsial maupun simultan, juga memberikan pembuktian mengenai faktor-faktor dominan yang tedapat didalam setiap item pernyataan dalam kuisioner USE tersebut penggunaan Sistem elearning. Kata

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:47
Last Modified: 19 Jun 2022 12:47
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item