SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA UMKM MENERAPKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS –WEIGHTED PRODUCT METHOD.

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA UMKM MENERAPKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS –WEIGHTED PRODUCT METHOD. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA UMKM MENERAPKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS –WEIGHTED PRODUCT METHOD.

[img]
Preview
Text
1005-Article Text-1932-1-10-20200810 - Matrik Agustus 2020.pdf

Download (805kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk memilih lokasi usaha jasa UMKM di Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang. Ada 2 buah metode yang digunakan pada aplikasi ini, yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Product Method (WPM). AHP digunakan untuk menentukan bobot kriteria dan WPM digunakan untuk melakukan perangkingan lokasi usaha jasa UMKM. Kriteria yang digunakan pada SPK ini adalah biaya sewa (K1), keperluan renovasi (K2), ketersediaan air bersih (K3), ketersediaan pasokan listrik (K4), keberadaan jalan beraspal (K5), lahan parkir (K6), kepadatan penduduk (K7), adanya pesaing (K8) dan kedekatan dengan pemasok (K9). Hasil perhitungan AHP memberikan hasil bahwa biaya sewa memiliki bobot yang tertinggi yakni 0,35 yang artinya tingkat kepentingan biaya sewa adalah 35%. Hasil perhitungan WPM memberikan hasil bahwa lokasi usaha jasa UMKM ke 8 adalah lokasi yang direkomendasikan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:46
Last Modified: 19 Jun 2022 12:46
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item View Item