IMPLEMENTASI SISTEM USABILITY SCALE DALAM EVALUASI PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS MOBILE

Baibul, Tujni (2022) IMPLEMENTASI SISTEM USABILITY SCALE DALAM EVALUASI PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS MOBILE. IMPLEMENTASI SISTEM USABILITY SCALE DALAM EVALUASI PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS MOBILE.

[img]
Preview
Text
jurnal umi.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Universitas Bina Darma merupakan salah satu lembaga/institusi pendidikan tinggi yang ada di Provinsi Sumatra Selatan. Universitas Bina Darma saat ini telah memberikan kontribusi nyata di dunia Pendidikan khususnya di wilayah Provinsi Sumatra Selatan. Untuk menjamin kelancaran rutinitas akademik, Universtias Bina Darma memiliki direktorat khusus yaitu Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI). Tugas utama direktorat ini menjamin ketersediaan layanan IT sebagai penunjang kegiatan akademik. Salah satu layanan yang ada saat ini yaitu sistem informasi akademik berbasis mobile (UBD on your hand). Dimana layanan ini merupakan layanan pengembangan dari sistem informasi akademik berbasis web yang telah ada sebelumnya. Namun untuk menjamin layanan tetap terjadi dengan baik maka perlu untuk diketahui bagaimana perspektif pengguna terhadap sebuah layanan IT seperti aplikasi UBD on your hand. Untuk mengetahui sejauh mana padangan pengguna dapat digunakan teknik usability dengan pendekatan sistem usability scale sebagai alat pengukuran. Hasil pengukuran mendapatkan nilai rerata 87.2 menunjukkan bawah sistem informasi akademik berbasis mobile (UBD on your hand) dilihat dari sisi adjective rating termasuk kategori excellence, dilihat dari sisi grade scale termasuk kelompok B, dan dilihat dari sisi acceptability termasuk kelompok acceptable. Dengan demikian dapat diterima oleh pengguna dan layak untuk digunakan tanpa perlu dilakukan perbaikan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:45
Last Modified: 19 Jun 2022 12:45
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12838

Actions (login required)

View Item View Item