PURWARUPA APLIKASI KEHADRIRAN PERKULIAHAN DENGAN PEMANFAATAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) PADA UNIVERSITAS BINA DARMA

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PURWARUPA APLIKASI KEHADRIRAN PERKULIAHAN DENGAN PEMANFAATAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) PADA UNIVERSITAS BINA DARMA. PURWARUPA APLIKASI KEHADRIRAN PERKULIAHAN DENGAN PEMANFAATAN ELEKTRONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) PADA UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img]
Preview
Text
874-924-1-SM (1).pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu proses identifikasi dan perekaman untuk memantau proses belajar mengajar di kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi. Secara khusus, penelitian ini adalah membuat prototipe aplikasi absensi siswa di kelas dengan menggunakan kartu e-ID. Kartu E�KTP ini digunakan karena kartu tersebut sudah dimiliki oleh 90% siswa. Masalah dalam proses hadir adalah waktu dalam mencatat kehadiran siswa dapat mengganggu proses perkuliahan. Ini karena siswa yang hadir di kelas tidak tepat waktu. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa aplikasi yang terhubung dengan input device. E-KTP digunakan untuk media input yang akan dihubungkan ke aplikasi melalui alat pembaca kartu. Dalam penelitian ini dibangun sebuah aplikasi prototipe yang dapat membaca chip dalam e-KTP kemudian dijadikan data sebagai penghitungan kelas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode perancangan prototype dengan metode perancangan iteratif. Dalam proses ini juga dicari spesifikasi chip yang terkoneksi di kartu e-KTP agar lebih mudah menemukan jenis card reader yang akan terhubung dengan aplikasi. Hasil penelitian dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam proses pencatatan kehadiran di ruang kelas, dan pihak universitas dapat memonitor kehadiran mahasiswa dan dosen secara efektif dan efisien. Purwarupa ini juga diharapkan bisa diadopsi untuk diaplikasikan ke bidang lain yang relevan dalam pemanfaatan e-KTP.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:45
Last Modified: 19 Jun 2022 12:45
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12832

Actions (login required)

View Item View Item