UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN ADMINISTRASI POLITEKNIK SEKAYU. ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN ADMINISTRASI POLITEKNIK SEKAYU.
Text
SUNDA 4.doc Download (247kB) |
Abstract
Perguruan tinggi merupakan suatu lembaga ilmiah, lembaga pendidikan serta kumpulan komunitas ilmiah yang diharapkan sebagai perubah yang bertanggungjawab untuk mengemban misi sosial, budaya, nasional dan modernisasi. Dari sisi penyelenggaraannya pendidikan termasuk kategori layanan jasa (service). Diasumsikan apabila layanan diselenggarakan secara berkualitas maka dapat diharapkan hasilnya akan berkualitas. Mengingat pentingnya kualitas jasa pendidikan maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penilaian mahasiswa sebagai pengguna jasa dari dosen dan staf yang ada di politeknik sekayu. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui nilai kesenjangan (gap) dari persepsi dan harapan mahasiswa, mengetahui kategori dari atribut layanan yang berdimensi servqual dan memberikan usulan perbaikan. Metode yang digunakan adalah servqual, kano dan QFD. Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Dimensi servqual yang bernilai negative adalah assurance (jaminan) yaitu atribut melayani dengan sopan dan ramah, memiliki pemahaman yang cukup tentang administrasi, mahasiswa mengerti dengan materi yang disampaikan dosen serta dosen dan Staf bersedia membantu jika saya mengalami kesulitan. (2) Dari 20 atribut pertanyaan terdapat 10 atribut yang berkategori one dimensional, 6 atribut berkategori attractive, 2 atribut berkategori must be dan 2 atribut berkategori indifferent. (3) Dari 6 atribut yang berkategori attractive yang artinya jika layanan ini terpenuhi maka tingkat kepuasan mahasiswa mahasiswi terhadap layanan akan sangat tinggi maka diberikan rekomendasi untuk perbaikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Edi Surya Negara |
Date Deposited: | 19 Jun 2022 12:45 |
Last Modified: | 19 Jun 2022 12:45 |
URI: | http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12825 |
Actions (login required)
View Item |