Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kinerja Pegawai (SIMKP) dengan Pendekatan Human Organization Technology (HOT) Fit Model

Fatmasari, Fatmasari and Evi, Yulianingsih (2022) Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kinerja Pegawai (SIMKP) dengan Pendekatan Human Organization Technology (HOT) Fit Model. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kinerja Pegawai (SIMKP) dengan Pendekatan Human Organization Technology (HOT) Fit Model.

[img]
Preview
Text
FATMASARI_Evaluasi_Penerapan_Sistem_Info.pdf

Download (512kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Sistem Manajemen Kinerja Pegawai adalah sistem penilaian kinerja pegawai yang diterapkan di PT. PLN (Persero). Sebelumnya sistem penilaian kinerja pegawai berupa sistem penilaian dengan Manajemen Unjuk Kerja Pegawai (MUK). Siklus MUK yang semula dilakukan setahun sekali yang terdiri atas 3 sesi penilaian dan dua kali pemberian kompensasi dalam bentuk IKS. Kemudian siklus diselaraskan menjadi dua kali dalam setahun dengan dua kali penilaian dan dua kali pemberian Imbalan Kerja Semesteran (IKS). PT. PLN (Persero) memperbaharui penilaian kinerja itu dengan menggunakan SIMKP yang berbasis website. Penelitian ini akan melakukan evaluasi terhadap penerapan Sistem Informasi Manajemen Kinerja pegawai (SIMKP) dengan menggunakan Model HOT-Fit yang dikembangkan Yusof et al (2006). Responden yang terlibat adalah para pegawai PT.PLN UPT Palembang dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sample random sampling dengan tahap-tahap pengujian pada uji validitas, uji realibilitas serta uji korelasi terhadap variabel-variabel kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), dan kualitas pelayanan (service quality) berpengaruh terhadap penggunaan sistem (system use) dan kepuasan pengguna (user satisfaction), serta menguji apakah penggunaan sistem, kepuasan pengguna serta struktur organisasi berpengaruh terhadap net benefit .Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap penggunaan sistem dan kepuasan pengguna, sedangkan kepuasan pengguna dan struktur organisasi berpengaruh terhadap net benefit (tingkat signifikasi α = 0,05).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:44
Last Modified: 19 Jun 2022 12:44
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item