FACTORS OF TOURIST PERCEIVED VALUE OF INDONESIA SHOPPING TOURISM

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) FACTORS OF TOURIST PERCEIVED VALUE OF INDONESIA SHOPPING TOURISM. FACTORS OF TOURIST PERCEIVED VALUE OF INDONESIA SHOPPING TOURISM.

[img]
Preview
Text
680-1768-1-PB.pdf

Download (434kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Belanja menjadi komponen rantai pariwisata yang semakin relevan. Belanja telah menjadi faktor penentu yang mempengaruhi pilihan tujuan, komponen penting dari keseluruhan pengalaman perjalanan dan, dalam beberapa kasus, motivasi perjalanan utama. Dengan adanya keinginan untuk berbelanja, pengembangan pariwisata belanja adalah fenomena yang menarik perhatian para pembuat kebijakan, akademisi dan pemimpin bisnis di seluruh dunia. Kota Bandung, sebagai salah satu kota yang disebut "surga belanja" telah menarik banyak wisatawan mancanegara (wisman). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa penilaian wisatawan mancanegara terhadap loyalitas wisata belanja di Kota Bandung. Penilaian pelanggan yang digunakan berdasarkan dari penelitian sebelumnya dan di aplikasikan di wisata belanja di Kota Bandung untuk melihat factor mana saja yang dominan. Hasil dari analisa pada penelitian ini dinyatakan terdapat 5 (lima) factor baru pada penilaian wisatawan mancanegara pada wisata belanja. Kelima factor tersebut adalah: (1) Emotional Value, (2) Value for Money, (3) Social Value, (4) Hedonic Value, and (5) Functional Value. Faktor yang paling dominan yaitu Emotional Value karena memiliki nilai Eigen Value yang paling tinggi. Penelitian ini mengharapkan adanya koordinasi antara Pemerintah Kota Bandung untuk memperbaiki infrastruktur kota sehingga memberika sisi kenyamanan bagi para wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Kota Bandung. Selain itu juga adanya inovasi dari sisi pembayaran saat berbelanja, inovasi pada pusat perbelanjaan yang diharapkan dapat menambah kepuasan wisatawan sehingga terciptanya kunjungan berulang juga merekomendasi kepada wisatawan mancanegara lainnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:43
Last Modified: 19 Jun 2022 12:43
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item