SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG PADA PT. SINERGI PERSADA MEDICA MENGGUNAKAN METODE PARETO ABC

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG PADA PT. SINERGI PERSADA MEDICA MENGGUNAKAN METODE PARETO ABC. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG PADA PT. SINERGI PERSADA MEDICA MENGGUNAKAN METODE PARETO ABC.

[img]
Preview
Text
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG PADA PT. SINERGI PERSADA MEDICA MENGGUNAKAN METODE PARETO ABC.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistem pendukung keputusan pengendalian persediaan barang PT Sinergi Persada Medica. Penelitian ini menggunakan metode orientasi objek. Pengumpulan data dilakukan dengan rancangan proses, rancangan berbasis data, dan rancangan program. Populasi penelitian PT SInergi Persada merupakan salah satu perusahaan bergerak dibidang bisnis perdagangan obat berbagai jenis merek ditujukan kepada Apotik-apotik, rumah sakit, dan dokter. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melihat rasio antara hasil penjualan obat dan banyaknya obat terjual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Pareto ABC sebuah metode dalam manajemen logistic dalam membagi kelompok barang menjadi tiga, yaitu A, B, dan C berdasarkan nilai penggunaan tahunan. Metode analisi paretonya A, B, memperhatikan 3 hal, yaitu analisis nilai pakai, analisis nila investasi, dan analisis indeks kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa system pendukung keputusan pengendalian barang dengan metode pareto ABC frekuensi penjualan yang berbeda–beda terhadap jumlah pengeluaran obat setiap bulannya dapat dilakukan.. Hal ini dapat membantu kesulitan perusahaan dalam melakukan perencanaan jumlah persediaan stok obat.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:41
Last Modified: 19 Jun 2022 12:41
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12724

Actions (login required)

View Item View Item