IMPLEMENTASI MODEL DECISION TREE MENGGUNAKAN ALGORTIMA ID3 UNTUK MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) IMPLEMENTASI MODEL DECISION TREE MENGGUNAKAN ALGORTIMA ID3 UNTUK MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG. IMPLEMENTASI MODEL DECISION TREE MENGGUNAKAN ALGORTIMA ID3 UNTUK MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
588-Article Text-1584-1-10-20200110.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Universitas Bina Darma Palembang merupakan Universitas swasta terbaik di Sumatera Selatan, oleh sebab itu minat calon mahasiswa semakin tinggi terhadap Universitas. Dengan demikian pihak Universitas harus bisa mempertahankan dan menciptakan citra yang baik di masyarakat. Konsep pohon keputusan merupakan salah satu konsep teori graf yang paling penting, algoritma ID3 memperlihatkan pemakaian pohon keputusan untuh memudahkan pengambilan keputusan strategi yang harus dipertahankan. Tools RapidMiner menggunakan algoritma ID3 berhasil mendapatkan keputusan menentukan lokasi paling sedikit peminat pada tahun 2017 terdapat di Lahat, Banyuasin dan Pali dengan hasil akurasi kota asal tahun 2017 sebesar 87.39%, Tahun 2017 memperlihatkan lokasi paling sedikit peminatan tersebut berada pada Ogan Ilir, Lahat dan Musi Banyuasin dengan hasil akurasi sebesar 85.77%, Tahun 2018 memperlihatkan lokasi peminat paling sedikit berada di wilayah Prabumulih, Pagar Alam dan Musi Banyuasin dengan hasil akurasi sebesar 86.27%. Sedangkan untuk sumber informasi yang paling diminati oleh mahasiswa ataupun masyarakat luas pada umumnya adalah bersumber dari internet dengan rata�rata hasil akurasi sebesar 83.12%. Hasil keputusan tersebut diharapkan dapat dilakukan lebih pemasaran pada lokasi sedikit peminat tersebut.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:41
Last Modified: 19 Jun 2022 12:41
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item