EVALUASI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH BERDASAR LAYANAN ANTAR LEMBAGA PEMERINTAH, PEMERINTAH KEPADA DUNIA USAHA DAN PEMERINTAH KEPADA WARGA NEGARA

Hendra, Hayatullah and Lin, Yan Syah and Akbar, Muhamad (2022) EVALUASI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH BERDASAR LAYANAN ANTAR LEMBAGA PEMERINTAH, PEMERINTAH KEPADA DUNIA USAHA DAN PEMERINTAH KEPADA WARGA NEGARA. EVALUASI WEBSITE PEMERINTAH DAERAH BERDASAR LAYANAN ANTAR LEMBAGA PEMERINTAH, PEMERINTAH KEPADA DUNIA USAHA DAN PEMERINTAH KEPADA WARGA NEGARA.

[img] Text
evaluasi_akbar1.doc

Download (266kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

e-Government sudah digunakan oleh negara-negara berkembang untuk meningkatkan layanan mereka terhadap warga negaranya dengan menggunakan teknologi infomasi dan komunikasi. Layanan e-government belum dilakukan secara maksimal, pelayanan yang dilakukan masih banyak menggunakan tatap muka langsung dengan warga negara dan pelaku bisnis sehingga proses penyelesaian layanan menjadi lambat. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi website e-government pemerintah daerah berdasar layanan antar lembaga pemerintah, pemerintah kepada dunia usaha dan pemerintah kepada warga negara serta mengukur kinerja website berdasarkan kriteria usability. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan quisioner sebagai intrumen penelitian yang diberikan dosen, staf dan mahasiswa yang mampu menjalankan dan mengakses internet. Quisioner penelitian terdiri dari pertanyaan dasar, pertanyaan standar layanan e-governement dan pertanyaan usability. Berdasarkan pengolahan data dari 3 (tiga) variabel yang digunakan pada kuisioner di dapat bahwa 100% responden dapat menemukan website e-government pemerintah daerah. Dari layanan e-government didapat bahwa layanan antar lembaga pemerintah sudah terlaksana sebesar 22,6%, layanan pemerintah kepada warga negara sudah terlaksana sebesar 58,7% dan layanan pemerintah kepada dunia usaha sebesar 50%.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:40
Last Modified: 19 Jun 2022 12:40
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item