INOVASI TEKNOLOGI PENGHANCUR DAN PENGERING TULANG IKAN ZERO WASH DENGAN ZERO ONE

desi kumindari, desi kumindari (2022) INOVASI TEKNOLOGI PENGHANCUR DAN PENGERING TULANG IKAN ZERO WASH DENGAN ZERO ONE. INOVASI TEKNOLOGI PENGHANCUR DAN PENGERING TULANG IKAN ZERO WASH DENGAN ZERO ONE.

[img] Text
JURNAL TEKNO INOVASI TEKNOLOGI PENGERING DAN PENGHANCUR TULANG IKAN PATIN BAHAN BAKU SAMBEL SALAI ZERO WASH (Repaired) 2019.docx

Download (533kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Inovasi teknologi disesuaikan dengan kondisi usahanya. Inovasi teknologi sangat membantu usaha menengah ke bawah, tetapi tetap teknologinya tepat guna. Contoh usaha/industri yang menggunakan teknologi tepat guna seperti industri makanan dan lainnya. Teknologi yang di inovasi adalah mesin pengering dan penghancur tulang ikan. Hasil inovasi teknologi yang dihasilkan diharapkan dapat disosialisasikan ke beberapa kabupaten yang mempunyai pertenakan atau industri pengolahan makanan dari ikan yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya kabupaten yang telah peneliti kunjungi. Hasil analisis; (1) menghasilkan rancangan mesin dalam memanfaatkan limbah tulang ikan menjadi limbah lebih bernilai, yaitu menghasilkan tepung atau bubuk yang dengan cara meredesain gigi pada mesin prototype penghancur, hasilnya sehalus 10mesh.(2) desain mesin prototype yang dihasilkan sesuai dengan standar ergonomis untuk pekerja sebagai operator. (3) menghasilkan usulan dimensi mesin prototype dari 3 alternative, yaitu bahan desain besi, dimensi 100x80x150)cm, tenaga penggerak menggunakan tenaga listrik, pengoperasiannya otomatis, umur teknis usia > 7 tahun, kerangka kaki berbentuk persegi, dan perawatan mesinnya mudah.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:40
Last Modified: 19 Jun 2022 12:40
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item