ANALISA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) ANALISA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN. ANALISA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA SEBAGAI ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN.

[img]
Preview
Text
436-Article Text-1408-1-10-20190806 (1).pdf

Download (312kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif hasil ketercapaian pembelajaran siswa/siswi SMK N 1 INTAN, yang diajar menggunakan bantuan gambar, audio visual (media), dan hasil belajar siswa-siswi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas 12 SMK N 1 INTAN mata pelajaran Teknik Komputer Jaringan pada tahun 2018/2019, yang dibagi menjadi kelompok coba (eksperimen) dan kelompok kontrol. setiap kelompok terdiri dari 17 siswa-siswi (8 laki-laki dan 9 perempuan) dan kelompok control 16 siswa-siswi (9 laki-laki dan 7 perempuan), yang ditetapkan secara random (acak). kelompok coba eksperimen yang menggunakan bantuan gambar, audio-visual, sedangkan kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (teknik menghapal). Prestasi siswa dalam belajar Teknik computer jaringan (tkj) dievaluasi dengan menggunakan tes kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil pembelajaran teknik computer jaringan siswa yang diajar dengan menggunakan alat bantu gambar audio-visual berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran teknik computer jaringan siswa yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio�visual dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional, di mana hasil belajar siswa diajarkan dengan menggunakan media gambar, audio-visual ( 16.25) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (9.25) implikasi dari temuan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran yang diajarkan guru tidak harus terimplikasi hanya pada catatan, ceramah, dan lks. Guru harus memungkinkan untuk menerapkan media berbasis teknologi dalam pengajaran, sebagai bantuan gambar, audio�visual (media), powerpoint, diskusi. sehingga hasil belajar secara optimal, terutama untuk pembelajaran bidang teknik computer jaringan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:38
Last Modified: 19 Jun 2022 12:38
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item