HUBUNGAN LINGKUNGAN FISIK DAN BEBAN KERJA DENGAN TINGKAT KELELAHAN PADA PEKERJA PERKEBUNAN (Studi Kasus pada PT Perkebunan Mitra Ogan Sekayu)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) HUBUNGAN LINGKUNGAN FISIK DAN BEBAN KERJA DENGAN TINGKAT KELELAHAN PADA PEKERJA PERKEBUNAN (Studi Kasus pada PT Perkebunan Mitra Ogan Sekayu). HUBUNGAN LINGKUNGAN FISIK DAN BEBAN KERJA DENGAN TINGKAT KELELAHAN PADA PEKERJA PERKEBUNAN (Studi Kasus pada PT Perkebunan Mitra Ogan Sekayu).

[img]
Preview
Text
355-Article Text-740-1-10-20190820.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Kegiatan pengangkutan PT. Perkebunan Mitra Ogan, paparan dan resiko tempat kerja cenderung ada di sekitar tempat kerja dan pekerja. Dalam penelitian ini hubungan lingkungan fisik dan beban kerja dapat menimbulkan kelelahan pada pekerja.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui postur kerja dengan metode OWAS dan tingkat kelelahan melalui perhitungan CVL. Lalu dikaitan dengan analisis MANOVA. Terjadi kesalahan postur kerja dari hasil penilaian OWAS pada postur kerja 1 dan 3. Beban kerja dari perhitungan CVL menunjukan < 30 % yaitu tidak terjadi kelelahan namum hasil dari denyut nadi kerja beban kerja kategori moderate dan hasil dari kosumsi energi kategori heavy. Analisis MANOVA menunjukan terdapat perbedaan denyut nadi kerja di temperatur A dan B pada kodisi pagi, siang, dan sore

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:37
Last Modified: 19 Jun 2022 12:37
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item