KOMPARASI EVALUASI SISTEM PEMBAYARAN ONLINE E-TICKET PADA GARUDA INDONESIA DAN LION AIR MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) KOMPARASI EVALUASI SISTEM PEMBAYARAN ONLINE E-TICKET PADA GARUDA INDONESIA DAN LION AIR MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). KOMPARASI EVALUASI SISTEM PEMBAYARAN ONLINE E-TICKET PADA GARUDA INDONESIA DAN LION AIR MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS).

[img] Text
SHM 201603-PUTERI SUWANTINI.docx

Download (144kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan sejauh mana tingkat kepuasan konsumen e-ticketLion Air dan Garuda Indonesia dalam penggunaansistem pembayaran online e-ticketdengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Dalam EUCS terdapat lima variabel yang diuji dan dianalisa yaitu variable Isi (Content), Keakuratan (Accuracy), Bentuk (Format), Kemudahan Penggunaan (Ease Of Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen berupa kuisioner yang disebarkan kepada 75 responden, dimana responden diberikan dua kuesioner yaitu kuesioner e-ticket Garuda Indonesia dan kuesioner e-ticket Lion Air.Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan software SPSS versi 23.0.Teknikpengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahSampel Random. Metodeanalisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan ujireliabilitas, uji independent sample t test, dan uji asumsi klasik. Dari hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lima variable EUCS Model terhadap kepuasan pengguna e-ticket Garuda Indonesia dan Lion Air. Konsumen e-ticket Garuda Indonesia merasa sangat puas dengan sistem e-ticket Garuda Indonesia yang sedang berjalan saat ini, sedangkan konsumen

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:37
Last Modified: 19 Jun 2022 12:37
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item