Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Dari Ritel Tradisional Ke Ritel Modern (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Palembang).

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Dari Ritel Tradisional Ke Ritel Modern (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Palembang). Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Dari Ritel Tradisional Ke Ritel Modern (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Palembang).

[img]
Preview
Text
347-Article Text-466-1-10-20190426.pdf

Download (419kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang menyebabkan Perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja dari Ritel Tradisional ke Ritel Modern(Minimarket), Penelitian di wilayah perkotaan Palembang ini merupakan penelitian deskriptif dan dilaksanakan dengan metode survei. Dengan metode survei tersebut data dikumpulkan berdasarkan jawaban responden melalui wawancara mendalam alat bantu pedoman pokok-pokok pertanyaan. Di samping menggunakan data primer yang didapat dari responden juga data yang didapat dari wawancara mendalam terhadap informan. Untuk mengembangkan pertanyaan, terlebih dahulu dilakukan studi penjajakan (exploratory) terhadap calon responden. Pada penelitian ini diambil sampel sebanyak 120 responden yang diwakili 10 responden dari masing- masing Kelurahan di Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang. Dari Hasil penelitian yang dilakukan didapat ibu rumah tangga yang memilih ritel tradisional sebanyak 51.7 %, faktor dominan yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di ritel tradisional sebagai berikut: Harga, Skema & Penawaran, Frekuensi Kunjungan, dan Ketersedian Stok Barang. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapat ibu rumah tangga yang memilih ritel modern sebanyak sebanyak 48.3 %, faktor dominan yang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja di ritel Modern sebagai berikut: Kenyamanan Lokasi, Kenyamanan Dalam Berbelanja, Fasilitas Parkir, Cara Pembayaran, Layanan Yang Baik Pada Pelanggan, Kenyamana Untuk Wanita Pekerja, dan Perilaku Karyawan, Berdasarkan data diatas peneliti mengambil kesimpulan bahwa di kecamatan Ilir Timur II tidak adanya perubahan perilaku dalam pemilihan tempat berbelanja dari ritel tradisional ke ritel modern.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:36
Last Modified: 19 Jun 2022 12:36
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item