EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR

kiki rizky nova wardani, kiki rizky nova wardani (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR.

[img]
Preview
Text
Efektivitas Penggunaan Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar.pdf

Download (723kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Kondisi global saat ini yaitu dengan adanya pandemic covid 19 menyebabkan pembelajaran di lingkungan sekolah dialihkan kepembelajaran daring, salah satunya dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pengaruh penggunaan aplikasi google classroom dan google form terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Indralaya Selatan kelas X (Sepuluh). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yang dalam peneltian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan regresi logistic ordinal dengan jumlah populasi berjumlah 360 siswa. Teknik purposive sampling digunakan dalam menentukan sampel penilitian sehingga didapatkan jumlah 60 siswa sebagai sampel. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan tes objectif, wawancara, kuesioner, Pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) terdapat efektivitas pengaruh positif yang sangat signifikan dalam penggunaan google classroom terhadap kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran penjaskes kelas Xa dan Xb di SMK N 1 Indralaya Selatan dengan nilai t hitung> t tabel (2.357 > 2.045) dan nilai signifikansi 0.025. Artinya penggunaan google classroom dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran penjaskes kelas X di SMK N1 Indralaya Selatan. (2) terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran penjaskes kelas X di SMK N1 Indralaya Selatan sebesar e 0.892= 2.44 kali dengan signifikansi 0.016. Artinya penggunaan aplikasi google classroom memiliki pengaruh signifikan sebesar 2.44 terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:33
Last Modified: 19 Jun 2022 12:33
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item