PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI SUMATERA SELATAN

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI SUMATERA SELATAN. PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI SUMATERA SELATAN.

[img]
Preview
Text
201-Article Text-560-1-10-20190107.pdf

Download (468kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Palembang sedang mengalami pembangunan di segala bidang, seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk maka mengakibatkan meningkatnya kebutuhan terhadap sarana dan prasarana umum, seperti halnya Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Provinsi Palembang, diperlukan pengendalian dan pengawasan biaya untuk proyek tersebut, karena pengendalian biaya proyek merupakan hal penting dalam proses pengelolaan biaya proyek salah satunya dengan menggunakan metode Value Engineering, dengan tujuan anggaran yang dikeluarkan pemerintah dapat terkendali dan penelitian ini difokuskan pada pengendalian biaya pada pekerjaan struktur kolom dan balok. Tahapan Value Engineering dimulai dari membuat BreakDown Pekerjaan yang dihubungkan dengan penerapan hukum pareto serta membuat analisis fungsi dan fast diagraming. Penghematan biaya Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Provinsi Sumatera Selatan yang diperoleh dari penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) pada pekerjaan Kolom dan Balok biaya sebesar Rp. 3.737.843.286 atau sebesar 7,02 %.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:33
Last Modified: 19 Jun 2022 12:33
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item View Item