Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Telepon Seluler dengan Citra Perusahaan dan Ekuitas Merek sebagai Variabel Eksogen

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Telepon Seluler dengan Citra Perusahaan dan Ekuitas Merek sebagai Variabel Eksogen. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Telepon Seluler dengan Citra Perusahaan dan Ekuitas Merek sebagai Variabel Eksogen.

[img]
Preview
Text
184-Article Text-552-1-10-20210206.pdf

Download (521kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepuasan dan loyalitas pelanggan telepon seluler dipengaruhi oleh citra perusahaan dan ekuitas merek. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pengguna telepon seluler di Kota Palembang yang berjumlah 250 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik analisis statistik digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen pengguna telepon seluler secara signifikan dipengaruhi oleh ekuitas merek, sedangkan loyalitas konsumen pengguna telepon seluler dipengaruhi oleh citra perusahaan dan kepuasan. Hasil ini juga menunjukkan bahwa kepuasan menjadi variabel intervening bagi hubungan equitas merek denngan loyalitas konsumen, artinya bahwa loyalitas konsumen dapat dibangun dengan equitas merek melalui kepuasan konsumen. Equitas merek yang semakin baik akan meningkatkan kepuasan konsumen yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas konsumen.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:32
Last Modified: 19 Jun 2022 12:32
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item View Item