RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN STOK BARANG PADA PT USAHA JAYA MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY(EOQ)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN STOK BARANG PADA PT USAHA JAYA MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY(EOQ). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN STOK BARANG PADA PT USAHA JAYA MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY(EOQ).

[img]
Preview
Text
SHM 201603_2.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

. PT Usaha Jaya merupakan sebuah usaha penjualan yang bergerak dibidang produksi kecap manis dan kecap asin. PT Usaha Jaya selama ini dalam melakukan proses persediaan barang masih konvensional dimana apabila stok barang yang dijual sudah habis baru PT Usaha Jaya ini menginformasikan kepada petugas untuk memproduksi stok kecap dan masih dicatat pada buku. Untuk pengolahan datanya karyawan PT Usaha Jaya mencatat semua transaksi baik penjualan maupun stok barang. Pengeluaran berdasarkan nota transaksi. Hal ini menyebabkan tidak efisiensinya pengelolaan data penjualan dan dapat mempermudah manipulaasi data penjualan. Metode seperti ini dirasakan kurang optimal dimana data transaksi harus dicatat lagi di buku besar, jika data tersebut dibutuhkan sering terjadi kesulitan dalam pencarian dan terkadang kehilangan data. untuk membantu PT Usaha Jaya dalam penyediaan stok barang agar tidak terjadi kehabisan barang yang akan di jual guna untuk melancarkan proses transaksi penjualan, dengan metode Economic Order Quantity ( EOQ ) . Metode ini sangat tepat karena tahapan dari metode ini dimulai dari merencanakan, mengatur dan mengoptimalkan berbagai kegiatan yang di lakukan di sepanjang proses produksi hingga penjualan kepada konsumen PT Usaha Jaya.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 12:31
Last Modified: 19 Jun 2022 12:31
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item