PENGELOMPOKAN PENYEBARAN PENYAKIT ISPA DI WILAYAH KOTA SEKAYU MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS: RSUD SEKAYU)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENGELOMPOKAN PENYEBARAN PENYAKIT ISPA DI WILAYAH KOTA SEKAYU MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS: RSUD SEKAYU). PENGELOMPOKAN PENYEBARAN PENYAKIT ISPA DI WILAYAH KOTA SEKAYU MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS: RSUD SEKAYU).

[img]
Preview
Text
103-Article Text-644-3-10-20200124.pdf

Download (524kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Rumah sakit umum daerah Sekayu adalah salah satu rumah sakit besar yang ada di daerah kota Sekayu. Setiap harinya jumlah pasien yang datang dan melakukan perawatan medis di rumah sakit relatif banyak. Tingginya jumlah kunjungan pasien ini menyebabkan jumlah data rekam medis menjadi sangat banyak pula. Selama ini data yang berisi informasi mengenai pasien di rumah sakit belum dimanfaatkan dengan baik. Informasi tersebut sebenarnya dapat dijadikan suatu pengetahuan bagi rumah sakit, salah satunya untuk mengelompokkan penyebaran penyakit ISPA berdasarkan wilayahnya. Pada penelitian ini digunakan metode Data Mining untuk mengetahui cluster yang terbentuk. Dengan menggunakan algoritma K-Means diharapkan dapat menghasilkan pengelompokkan penyebaran penyakit ISPA berdasarkan wilayah penyebarannya, yang kemudian dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengatasi masalah dalam persediaan obat di apotik terdekat dan dalam pencegahan kasus yang hampir sama serta untuk memberikan pelayanan ke depannya yang lebih efektif.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 10:04
Last Modified: 19 Jun 2022 10:04
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item