RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BARBERSHOP UNTUK MENUNJANG CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) (STUDI KASUS: BARBERSHOP SCISSORS & CO. PALEMBANG)

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BARBERSHOP UNTUK MENUNJANG CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) (STUDI KASUS: BARBERSHOP SCISSORS & CO. PALEMBANG). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BARBERSHOP UNTUK MENUNJANG CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) (STUDI KASUS: BARBERSHOP SCISSORS & CO. PALEMBANG).

[img]
Preview
Text
document (7).pdf

Download (559kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya teknologi informasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini. Contoh perkembangan teknologi informasi yang pesat adalah internet. Yang melahirkan konsep teknologi informasi berbasis web yang banyak dikembangkan dalam bisnis perusahaan diberbagai bidang. Teknologi informasi dapat digunakan dalam mengelola informasi yang ada didalam perusahaan, baik dari segi karyawan, kualitas produk maupun dari pelayanan konsumen. Pada Barbershop Scissors&Co pengelolaan datamasih dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan sistem informasi agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif. Perusahaan harus memperhatikan kualitas layanannya. Kualitas layanan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menghadapi konsumen yang membutuhkan perhatian dan layanan yang tinggi. Pelayanan yang bermutu tinggi dapat memberikan keselarasan terhadap kebutuhan konsumen. Konsumen merupakan salah satu aset yang sangat berperan penting dalam pencapain tujuan dari sebuah perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet perusahaan bisa mengembangkan suatu sistem yang bisa berhubungan langsung dengan konsumen, sistem ini lebih dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM). Pembangunan Aplikasi berbasis Mobile menerapkan metodologi rekayasa perangkat lunak agar dapat memudahkan dalam melakukan pengembangan sistem informasi barbershop. Metodologi yang digunakan adalah Extreme Programming. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Extreme Programming pada pengembangan aplikasi mengakibatkan pengembangan dapat dilakukan secara cepat dengan jumlah anggota tim yang minimal.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 09:56
Last Modified: 19 Jun 2022 09:56
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item