Analisis Sentimen Pada Data Twitter dengan Menggunakan Text Mining terhadap Suatu Produk

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) Analisis Sentimen Pada Data Twitter dengan Menggunakan Text Mining terhadap Suatu Produk. Analisis Sentimen Pada Data Twitter dengan Menggunakan Text Mining terhadap Suatu Produk.

[img]
Preview
Text
SHM 201603-EKA RETNAWIYATI.pdf

Download (312kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat memberi dampak pada pertukaran informasi dan komunikasi yang semakin mudah. Hal ini ditandai dengan dengan munculnya media sosial seperti Twitter, Facebook, Yahoo, Google, Youtube, Instagram, Path. Pertumbuhan media sosial ini juga mendorong adanya informasi tekstual yang besar sehingga muncul kebutuhan penyajian data yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi yang akurat. Pengguna twitter yang semakin meningkat ini terlihat dari jutaan tweets yang di posting setiap harinya dengan berbagai topik yang berbeda. Data tweets dapat berupa persepsi publik baik ekonomi, perilaku sosial, fenomena alam, perdagangan yang terjadi diseluruh dunia. Data yang besar tersebut bisa dijadikan sebagai objek penelitan. Penelitan ini mencoba melakukan analisis sentimen data dengan mengklasifikasi data twitter berbahasa Indonesia pada suatu produk. Data tersebut akan diproses dengan text mining untuk menghindari data yang kurang sempurna kemudian data tweet diklasifikasi menjadi klasifikasi positif, negatif, netral. Klasifikasi ini menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 09:51
Last Modified: 19 Jun 2022 09:51
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item