PENERAPAN TEKNIK DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN JURUSANSISWA DENGAN METODE CLUSTERING ( STUDI KASUS : SMA MUHAMADIYAH PRABUMULIH )

UNIVERSITAS BINA DARMA, UNIVERSITAS BINA DARMA (2022) PENERAPAN TEKNIK DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN JURUSANSISWA DENGAN METODE CLUSTERING ( STUDI KASUS : SMA MUHAMADIYAH PRABUMULIH ). PENERAPAN TEKNIK DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN JURUSANSISWA DENGAN METODE CLUSTERING ( STUDI KASUS : SMA MUHAMADIYAH PRABUMULIH ).

[img]
Preview
Text
SHM 201603-EKO PUTRA IGAMA.pdf

Download (587kB) | Preview
Official URL: https://www.binadarma.ac.id

Abstract

Dari tahun ketahun perkembangan sistem informasi semakin meningkat dan data mining merupakan salah satu bagian dari sistem informasi itu sendiri. Data mining adalah proses pencarian secara otomatis informasi yang berguna dalam tempat penyimpanan data berukuran besar. Data mining dapat dilakukan dengan banyak metode, salah satunya metode clustering, dengan melakukan teknik clustring data�data akan dikelompokkan kedalam beberapa cluster yang sudah didefenisikan sebelumnya. Clustering pun terbagi dari beberapa teknik yang dapat digunakan salah satunya teknik Hirearki dengan menggunakan metode k-means. Cluster Pada penelitian ini yang akan dibahas adalah Pengelompokan jurusan siswa pada SMA Muhammadiyah Prabumulih. Jurusan akan digolongkan setelah siswa-siswi memasuki kenaikan kelas 2 dan jurusan yang akan mereka dapatkan berdasarkan nilai-nilai mata pelajaran yang akan diperoleh selama proses belajar di kelas satu. Jika nilai siswa atau siswi lebih besar pada mata pelajaran jurusan IPA, maka akan dimasukan kedalam jurusan IPA dan jika sebaliknya maka akan dimasukan kedalam jurusan IPS tapi jika siswa atau siswi mendapatkan nilai yang bagus dalam pelajaran IPA atau IPS maka akan dimasukan kedalam jurusan IPA. Dalam pengelompokan jurusan akan diterapkan dengan teknik Data mining dengan metode Clustering agar tidak mengalami kekeliruan dalam pengelompokan jurusan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr Edi Surya Negara
Date Deposited: 19 Jun 2022 09:51
Last Modified: 19 Jun 2022 09:51
URI: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/12116

Actions (login required)

View Item View Item